TANGGAL 28 AGUSTUS, PESERTA SAIL KOMODO TIBA DI ENDE - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » TANGGAL 28 AGUSTUS, PESERTA SAIL KOMODO TIBA DI ENDE

TANGGAL 28 AGUSTUS, PESERTA SAIL KOMODO TIBA DI ENDE

Peserta Sail Komodo 2013 akan tiba di Kabupaten Ende pada tanggal 28 Agustus 2013. Peserta sail akan berada di Bumi Kelimutu ini selama lima hari, mulai dari tanggal 28 Agustus hingga tanggal 1 September 2013. Untuk menyambut kedatangan peserta sail, pemerintah Kabupaten Ende telah melakukan kordinasi dan mempertsiapkan dengan baik objek-objek yang akan dikunjungi oleh peserta sail selama berada di Ende. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Ende Marmi Kusuma menyampaikan hal ini kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (22/8). 

Marmi mengatakan peserta Sail Komodo akan tiba di Nanganio, Desa Waturaka, Kecamatan Maurole, pada tanggal 28 Agustus. Setelah tiba di Ende, para sailor akan diarahkan kesejumlah tempat wisata yang telah ditetapkan untuk dikunjungi. Para sailor, jelasnya, akan disambut secara adat oleh Bupati Ende Don Bosco M. Wangge bersama para camat, kepala desa, serta mosalaki setempat. 

Pada tanggal 29 Agustus lanjut Marni, para sailor akan mengunjungi Danau Kelimutu, Kebun Agrowisata Waturaka, Pasar Tradisonal Nduaria, Kampung Adat Wologai Tengah, Air Panas Detusoko, dan pada malam hari akan dilanjutkan dengan makan malam bersama Pemerintah Kabupaten Ende. Pada tanggal 30 Agustus, para sailor akan mengunjungi kota Ende. Mereka akan mengunjungi sekolah dan menjadi guru di sekolah, mengunjungi tempat tenun ikat di Woloare, Situs Bung Karno, Museum Bahari, dan Pohon Sukun Perenungan Bung Karno. Pada tanggal 31 para sailor mengunjungi rumah adat disekitar Maurole dan berdialog dengan masyarakat setempat bersama pemerintah daerah. Pada tngggal 1 September, para sailor bergerak dari Ende menuju Kabupaten Nagekeo. 

Berdasarkan informasi yang diterimanya, tambah Marmi, sekitar 50 lebih perahu peserta sail komodo akan menepi di Nanganio, Desa Waturaka, Kecamatan Maurole. Pemerintah Kabupaten Ende telah melakukan persiapan dengan memberdayakan masyarakat lokal setempat untuk menyambut kedatangan para sailor. Marmi mengharapkan agar momen tersebut tidak di sia-siakan untuk mempromosikan budaya daerah ini. 

“Sejauh ini kita sudah siapkan dengan baik. Kita berdayakan masyarakat lokal di sekitar Nanganio untuk menyajikan budaya lokalnya, baik makanan lokal maupun aspek budaya lokal lainnya. Mengenai objek wisata yang akan dikunjungi, dari jauh-jauh hari kita sudah koordinasikan dan siapkan dengan baik. Galadiner akan dilaksanakan di Nanganio dengan sajian makanan lokal. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resort (Polres) Ende untuk menjaga keamanan. Mari kita sukseskan kegiatan ini dan jangan sia-siakan kesempatan ini unuk mempromosi budaya lokal kita,” katanya. 

Bupati Ende Don Bosco Don M. wangge kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (14/8), mengatakan Kabupaten Ende siap menyambut kedatangan peserta Sail Komodo 2013. Karena kabupaten ini menjadi salah satu titik persinggahan peserta sail komodo 2013, maka kita harus menjadikan momen ini sebagai kesempatan untuk mempromosikan seluruh kebudayaan lokal kita. Bupati mengimbau masyarakat di sekitar titik persinggahan dan seluruh masyarakat Kabupaten Ende turut menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan pada momen kunjugan tersebut. (Willy Aran /Editor: Amandus Klau) 

Ket. foto: Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Ende Marmi Kusuma

Sumber: Flores Pos
Share this article :

1 komentar:

  1. KENAPA TDK SINGGAH KOTA ENDE KAPAL PESERTA SAIL KOMODO???
    PADAHAL HAMPIR SMUA KOTA PESISIR DI SELURUH PROV NTT DI SINGGAHI KAPAL PESERTA SAIL...

    BalasHapus

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template