KMP SIRUNG SIAP MELAYANI MASYARAKAT ENDE - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » KMP SIRUNG SIAP MELAYANI MASYARAKAT ENDE

KMP SIRUNG SIAP MELAYANI MASYARAKAT ENDE

Rabu, 31 Juli 2013 08:46

Kapal Motor Peyeberangan (KMP) Sirung siap melayani masyarakat Kabupaten Ende. Kapal peyeberangan bantuan Angkutan Sungai Danau dan Peyeberangan (ASDP) pusat untuk provinsi NTT ini siap melayani masyarakat Kabupaten Ende, dengan rute Kupang - Ende dan sebaliknya. 

Disaksikan Flores Pos, Selasa (30/7), KMP Sirung sandar perdana di Pelabuhan Ipi Ende dan diresmikan Bupati Ende Don Bosco M. Wangge. Usai peresmian, Bupati Don, didampingi Sekda Ende Dominikus Minggu Mere dan Kepala Dinas Perhubungan Ende Kosmas Nyo meninjau ruangan kapal. Kapal motor tersebut berukuran panjang 56,02 meter dan lebar 14 meter. 

Menurut Bupati Don, kapal motor tersebut merupakan bantuan dari ASDP Pusat untuk Provinsi NTT, guna melayani masyarakat. Dengan rute Ende – Kupang. Dengan kehadiran KMP Sirung, katanya jumlah kapal yang melayani masyarakat Kabupaten Ende bertambah. 

Pemerintah Kabupaten Ende menyambut baik kehadiran kapal motor tersebut, karena dapat memperlancar arus transportasi, mempercepat pertumbuhan ekonomi, serta menjawabi sebagaian kebutuhan ekonomi masyarakat. Ke depannya, lanjut Bupati Don, pemerintah akan mengusahakan agar kapal tersebut dapat melayani masyarakat hingga ke pulau Sumba. 

“Jumlah penumpang terus meningkat, sementara jumlah kapal atau angkutan laut yang melayani masyarakat terbatas. Kita berharap kehadiran KMP Sirung mampu menjawabi kebutuhan masyarakat atau mengatasi jumlah penumpang yang kian meningkat,”kata Bupati Don. 

Kadis Perhubungan Ende Kosmas Nyo mengatakan, KMP Sirung diproduksi tahun 2013 dinahkodai oleh Simon Malelak dengan ABK sebanyak 18 orang. Kapasitas angkut penumpang sebanyak 196 orang, yakni VIP 40 orang dan kelas ekonomi 156 orang. KMP Sirung juga akan mengangkut kendaraan truk, kendaraan roda empat, dan roda dua seberat 8 ton. Kecepatan kapal tersebut 11 konot dengan mesin induk 2x1.100 HP. 

Sejak diresmikan dan sandar perdana di Pelabuhan Ipi, kata Kosmas, KMP Sirung resmi beroperasi melayani masyarakat Ende dengan rute Kupang – Ende dan Ende - Kupang. Diharapkan kapal tersebut melayani sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 

Kepala Bidang Kelautan Robyanto She mengatakan, kapal ini adalah jenis kapal feri. Maka, dermaga yang tepat adalah dermaga Nangakeo. Namun, karena dermaga Nangakeo sedang diperbaiki maka untuk sementara KMP Sirung berlabuh di Pelabuhan Ipi atau Pelabuhan Ende. Roby juga menegaskan bahwa kapal tersebut sangat baik, karena itu ia meminta masyarakat untuk memanfaatkannya. 

Jadwal tetap KMP Sirung adalah Kupang - Ende pada setiap hari Senin dan Ende - Kupang pada setiap hari Rabu. “KMP Sirung adalah jenis kapal feri maka pelabuhan yang tepat untuk berlabuh adalah Pelabuhan feri Nangakeo. Tetapi, karena dermaga Nangakeo masih diperbaiki, maka untuk sementara berlabuh di Pelabuhan Ipi atau Ende, tergantung cuaca. Ke depannya, akan diusahakan agar dapat berlabuh di dermaga Nangakeo, agar lebih mudah sandar dan bongkar muat angkutan. Kita juga harapkan agar masyarakat dapat menjaga kebersihan kapal ini,”katanya.(Willy Aran/ Editor: Amandus Klau) 

Sumber: Flores Pos
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template