Masyarakat desak Bupati Wangge jangan bayar gaji Anggota DPRD Ende - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » Masyarakat desak Bupati Wangge jangan bayar gaji Anggota DPRD Ende

Masyarakat desak Bupati Wangge jangan bayar gaji Anggota DPRD Ende

Jika tidak datang bersidang

SALAH seorang tokoh masyarakat yang juga mantan DPRD Kabupaten Ende, Agil Parera Ambuwaru meminta kepada Bupati Ende, Drs. Don Bosco M.Wangge, M.Si supaya tidak boleh membayar gaji kepada 30 anggota DPRD Kabupaten Ende. Karena uang yang dibayar kepada ke-30 anggota dewan itu adalah uang masyarakat, maka jika mereka tidak mau lagi datang bersidang maka sangatlah tepat kalau gaji mereka tidak boleh dibayar.
Permintaan ini disampaikan oleh Agil Parera Abuwaru ketika diminta komentarnya dalam kaitan dengan sejumlah anggota dewan enggan datang bersidang. Padahal datang bersidang itu merupakan tugas dan kewajiban yang harus mereka laksanakan. Karena itu sangatlah tepat kalau mereka sudah malas datang bersidang, Bupati Don Wangge diminta untuk tidak boleh membayar gaji mereka. “Ini tidak saja permintaan saya. Tetapi juga permintaan dari masyarakat yang disampaikan melalui saya setelah mereka membaca tulisan dalam koran anda pekan lalu,”tegas Agil Parera Ambuwaru.
Setelah saya membaca di koran anda bahwa sidang dalam kaitan dengan LKPJ sudah dua kali diskors hanya karena jumlah kehadiran anggota dewan tidak sesuai dengan Tatib. Dan sekarang ini bukan hanya dua kali, tetapi sudah tiga kali di skors. Pertanyaannya apa maunya mereka yang selalu disebut sebagai yang terhormat itu. Dan jalau sudah tidak mau lagi datang bersidang, lebih baik mundur dari jabatan sebagai anggota dewan. Masih banyak orang lain yang siap untuk menggantikannya.
Anggota-anggota dewan yang seperti ini, tegas Agil Parera Ambuwaru tidak perlu dipilih lagi dalam pemlu legislative tahun 2014 mendatang. Baik yang mencalonkan diri sebagai caleg propinisi mau kabupaten. Sebab setelah mereka dipilih, mereka tidak mau melaksanakan tugasnya sebagai anggota dewan. Itu sama saja melecehkan masyarakat yang telah memilih mereka menjadi anggota dewan. Dan sebagai konsekwensinya karena mereka tidak mau datang bersidang, sangatlah tepat jika gaji mereka tidak boleh lagi dibayar.
Sebagai mantan anggota DPRD Kabupaten Ende, kata Agil Parera Ambuwaru, ia sangat sedih melihat sikap dan perilaku anggota dewan yang seperti itu. Sikap dan perilaku seperti itu tegas Agil Parera Ambuwaru sudah tidak pantas lagi untuk duduk di kursi yang terhormat itu. Karena mereka duduk di kursi yang terhormat itu untuk mewakili masyarakat dan jika mereka tidak mau lagi mewakili masyarakat maka sangatlah pantas Bupati Don Wangge tidak perlu lagi membayar gaji mereka.
Dan jika Bupati Don Wangge tetap membayar gaji kepada ke-30 anggota dewan yang tidak mau melaksanakan tugas mereka sebagai anggota dewan, masyarakat akan melakukan aksi. Aksi pertama ditujukan kepada ke-30 anggota dewan tersebut dan aksi kedua kepada Bupati Don Wangge karena sudah diingatkan oleh masyarakat tetapi Bupati Don Wangge tetap membayar gaji kepada mereka. “Masa orang yang tidak mau bekerja ko dibayar gaji. Hanya orang gila saja yang mau bayar kepada orang yang tidak mau melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai anggota dewan yang dipilih oleh masyarakat,”ujar Agil Parera Ambuwaru.
Bahkan sebelum mengakiri wawancara singkat, Agil Parera Ambuwaru meminta bantuan kepada EXPO NTT untuk terus melakukan pemantauan. Jika dalam Rapat Paripurna kaitan dengan LKPJ Bupati Ende yang akan datang tetap saja jumlah kehadiran anggota dewan tidak sesuai dengan Tatib maka sudahlah saatnya masyarakat untuk melakukan aksi. Mempertanyakan kepada ke-30 anggota dewan tersebut apa yang menjadi alasan yang sangat mendasar sehingga mereka tidak datang bersidang.♦rik
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template