KOPERASI, WADAH EKONOMI YANG TEPAT BAGI MASYARAKAT - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » KOPERASI, WADAH EKONOMI YANG TEPAT BAGI MASYARAKAT

KOPERASI, WADAH EKONOMI YANG TEPAT BAGI MASYARAKAT

Sabtu, 20 Juli 2013 10:51
Koperasi merupakan wadah ekonomi yang tepat bagi masyarakat. Namun, pemahaman masyarakat tentang koperasi masih sangat rendah. Akibatnya, pertumbuhan perkoperasian di Indonesia, khususnya di Kabupaten Ende, belum begitu menggembirakan. Yakobus Dua, Ketua Dekopinda Kabupaten Ende, menyampaikan ini pada saat upacara peringatan HUT Ke-66 Koperasi, Kamis (18/7).

Yakobus mengatakan, pertumbuhan dan gerakan perkoperasian di Kabupaten Ende belum sesuai dengan apa yang di harapkan. Karena itu, momen hari ulang tahun koperasi ini mesti di jadikan momen untuk mempertegas gerakan koperasi. Menurutnya, koperasi merupakan wadah yang tepat untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Namun, sejauh ini animo masyarakat masih rendah.

“Momen ulang tahun ini merupakan kesempatan yang tepat untuk menyosialisasikan gerakan koperasi. Gerakan koperasi masih jauh dari yang kita harapkan. Mari kita jadikan koperasi sebagai wadah ekonomi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kecil,” katanya.

Disaksikan Flores Pos, sejumlah koperasi yang berprestasi diberi dana bansos dari APBN. Bantuan tersebut diserahkan Dandim 1602 Ende Letkol Inf. Asep Nurdin pada apel kesadaran dan apel memperingati HUT Koperasi di Lapangan Pancasila Ende, Rabu (17/7).

KSU Powolo, Desa Lisedetu, Kecamatan Wolowaru, mendapat dana APBN Program Pengembangan Usaha Produktif Bidang Sarana dan Wisata dari Deputi Bidang Produksi Kementrian Koperasi dan UKM Tahun 2013 sebesar Rp 420.000.000. KUD Pama Imu mendapatkan bansos dan APBN Program Usaha Pengembangan UKM-MART dari Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM sebesar Rp 65.000.000. Koppas Kobasawo dan Koppas Potulando masing-masing mendapatkan bansos dana APBN Program Bantuan bagi Koperasi Wanita Perkasa serta Koperasi Perkotaan dan Pedesaan Tahun 2013 dari Kementerian Koperasi da UKM sebesar Rp 50.000.000.

Selain itu, penyerahan bantuan APBD I Tahun 2013 dengan bantuan hibah modal usaha kepada 4 koperasi, masing-masing mendapatkan Rp 20.000.000. Ke-4 koperasi tersebut adalah KSU Garam Wewaria, KSU Pasti, Desaa Wolosoko,Kecamatan Wolowaru,KSU Tekad Bersatu, Kecamatan Nangapenda, KSU Laka Do Saga, Kecamatan Kota Baru. Dan juga penyerahan bantuan kepada koperasi berbadan hukum, yakni Koperasi Agro Niaga Sikap Kecamatan Nangapanda. Sedangkan, koperasi berprestasi yang mendapat hadiah adalah Koperasi Kredit Syuradikara dan Koperasi Kepolisian Resort Ende (Primkoppol) Ende.

Bupati Ende Don Bosco M. Wangge, melalui sambutan tertulisnya yang di bacakan Dandim 1602 Ende, Lektol Inf. Asep Nurdin, mengatakan HUT koperasi harus di jadikan kesempatan untuk berkosolidasi untuk memperkuat jaringan koperasi. “Diusia yang ke-66 ini, koperasi sudah berjalan baik. Namun, masih banyak hal yang harus di benahi. Karena itu, momentum ini harus dijadikan kesempatan untuk berkonsolidasi dan evaluasi, dengan melibatkan semua instansi terkait di Kabupaten Ende,” katanya. (Willy Aran/Editor : Amanduas Klau/Foto Gino Hms Setda Ende )
 Ket. Foto: Dandim 1602 Ende Letkol Inf. Asep Nurdin selaku inspektur upacara dan Penyerahan dana Bansos dari APBN kepada koperasi yang berprestasi
 
Sumber : Flores Pos


 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template