DESA BAGIAN TERDEPAN NKRI - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » DESA BAGIAN TERDEPAN NKRI

DESA BAGIAN TERDEPAN NKRI

Desa merupakan bagian terdepan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai yang terdepan maka aparat desa harus bisa berada di garis terdepan dalam memberikan pelayanan. Untuk menjawab ini maka dibutuhkan seorang kepala desa yang bisa memimpin dan mengayomi warganya ke arah yang lebih baik. Bupati Ende, Don Bosco M.Wangge menegaskan ini saat melantik Kepala Desa Ngaluroga, Arkadius Baru Gilly dan anggota BPD di Ngaluroga Kecamatan Ndona (17/09). 

Bupati Don mengatakan, pelantikan kepala desa yang dilaksanakan ini sudah melalui sebuah proses demokrasi. Dan sesuai aturan perundang-undangan dalam proses pemilihan kepala desa harus diikuti lebih dari satu calon. Untuk itu dengan dilantiknya kepala desa Arkadius Baru Gilly maka semua perbedaan yang terjadi selama berlangsungnya proses pemilihan kepala desa hendaknya dihilangkan. Yang ada saat ini kerjasama semua komponen masyarakat untuk membangun Desa Ngaluroga ke arah yang lebih baik dan sejahtera. 

” Jadi perlu saya tegaskan kepada warga Ngaluroga, bahwa yang terjadi kemarin hanyalah sebuah proses demokrasi. Dan dalam proses pemilihan kepala desa ini harus ada lebih dari satu calon. Karena ini sesuai aturan perundang-undangan. Apabila kemarin terjadi perbedaan pilihan maka dengan dilantiknya saudara Arkadius menjadi Kepala Desa Ngaluroga, maka semua harus menghilangkan perbedaan yang ada dan bersama kepala desa baru bergandengan tangan membangun Desa Ngaluroga ke arah yang lebih baik dan sejahtera.”ujar Bupati Don. 

Menurut Bupati Don, seorang kepala desa harus melaksanakan tiga fungsi yaitu, fungsi administrasi, pembangunan dan pemerintahan. Dalam melaksanakan fungsi administrasi Demikian Bupati, seorang kepala desa harus bisa menata administrasi khususnya administrasi keuangan. Selain itu kepala desa harus bisa mendata penduduk dengan baik, karena agenda kedepan yang harus diikuti warga adalah Pemilu Presiden/Wakil Presiden, Bupati/Wakil Bupati dan Legislatif. Untuk itu data tentang penduduk ini harus benar-benar diperhatikan sehingga masyarakat bisa berpartisipasi dalam memberikan suaranya pada pelaksanaan pemilukada. 

Yulius Cesar Nonga, anggota DPRD yang mewakili pimpinan DPRD dalam sambutannya mengatakan, pelantikan kepala desa ini mengandung makna kepercayaan dari masyarakat Ngaluraga kepada kepala desa terlantik untuk bisa membangun masyarakat ke arah sejahtera. (Humas Pemkab Ende/Helen Mei) 

Ket. Foto: Pelantikan Kepala Desa Ngaluroga dan BPD
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template