PEMERINTAH SIAPKAN ANGGARAN RP 30 JUTA - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » PEMERINTAH SIAPKAN ANGGARAN RP 30 JUTA

PEMERINTAH SIAPKAN ANGGARAN RP 30 JUTA

Selasa, 16 Juli 2013 09:45
Pemerintah Kabupaten Ende mengajukan dana tanggap darurat ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ende sebesar 30 juta, untuk penanganan sementara Pasar Potulando yang terbakar 23 Juni lalu. Dana tersebut akan di gunakan untuk membangun atap sementara Pasar Potulando. Hal ini di sampaikan Bupati Ende Don Bosco M. Wangge kepada Flores Pos, usai Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati di DPRD Ende, Jumad (12/7).


“Kalau Dewan sudah setujui, kita akan segera bangun atap yang baik bagi para pedagang. Mereka bisa jual sementara di lokasi pasar yang ada, sambil menunggu proses pembangunan yang baru. Saya juga sudah mengimbau anggota Korpri untuk megumpulkan dana Rp 1000 setiap orang, guna membantu membeli tarpal dan bambu. Kita harap dana yang kita ajukan ini di setujui dewan, agar pengerjaan atap sementara bisa segera di lakukan,” kata Bupati Don.

Tentang pembangunan kembali Pasar Potulando, Bupati Don menjelaskan bahwa pemerintah telah mngajukan anggaran melalui dua jalur ke pemerintah pusat. Proposal pertama di serahkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan yang kedua melalui Departemen Perdagangan RI di Jakarta. Menurut Bupati Don, usulan ke BNPB akan lebih cepat terealisasi, karena melalui jalur kebencanaan. “Untuk itu, kami akan bertemu gubernur untuk meminta dukungan atas usulan ke BNPB. sedangkan, usulan ke Departemen Perdagangan sudah di proses ke Jakarta. Jika usulan bisa terjawab, maka pembangunan kembali Pasar Potulando segera di lakukan,” kata Bupati Don.

Lebih lanjut, Bupati Don mengatakan Pasar Potulando akan di rancang lebih baik. Dalam rencana, jika telah mendapatkan dukungan dana, Pasar Potulando di bangun dua lantai. Dalam pembangunan nanti, pemerintah juga akan mempermudah akses keluar masuk kendaraan untuk mengantisipasi peristiwa kebakaran seperti yang terjadi Juni lalu. Dengan di bangun dua lantai, pemerintah akan mengatur para pedagang dengan baik. Akan ada pemisahan bagi para pedagang sayur, buah, sembako dan kegiatan pasar lainnya.

Sementara Ketua DPRD Ende Marsel Petu mengatakan, dana tanggap darurat untuk pembangunan sementara Pasar Potulando yang diajukan pemerintah pasti di setujui DPRD. Karena itu, ia meminta pemerintah untuk segera mengajukan dana tersebut, agar proses untuk menormalkan kembali kondisi Pasar Potulando bisa secepatnya di lakukan. Marsel juga mengatakan, semakin cepat pemerintah membangun kembali Pasar Potulando, baik sementara maupun permanen, para pedagang yang saat ini telah membangun lapaknya di sepanjang jalan Kelimutu bisa kembali berjualan di tempat semula.

“Pemulihan kondisi Pasar Potulando akan segera di lakukan pemerintah. Apakah akan di masukkan dalam anggaran perubahan atau APBD, kita akan bahas secepatnya. Kalau diusulkan ke dewan, pembahasannya pasti tidak akan alami hambatan. Yang terpenting, para pedagang bisa kembali berdagang seperti sediakala,” kata Marsel Petu.( Anton Harus/ Editor: Amandus Klau)

Sumber : Flores Pos
  
Share this article :

1 komentar:

  1. karena pasar tersebut mempunyai riwayat dan sejarah tersendri..
    bangun dan tatalah sebaik mungkin..
    jadikan pasar potu lando ende menjadi pasar terbaik dan termegah di daratan flores..

    BalasHapus

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template