KOPERASI BERKOMITMEN SEJAHTERAKAN MASYARAKAT - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » KOPERASI BERKOMITMEN SEJAHTERAKAN MASYARAKAT

KOPERASI BERKOMITMEN SEJAHTERAKAN MASYARAKAT

Kamis, 18 Juli 2013 07:48
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 66 Koperasi di Indonesia, yang jatuh pada tanggal 12 Juli, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Ende menggelar berbagai kegiatan yang bermakna dan menggugah semangat persaudaran semua gerakan koperasi dan UKM di Kabupaten Ende. Melalui semua rangkaian kegiatan itu, koperasi berkomitmen menyejahterakan kehidupan masyarakat. Ketua Dekopinda Kabupaten Ende Yakobus Dua menyampaikan ini kepada Flores Pos, Selasa (16 /7).

Untuk mewujudkan harapan tersebut, kata Yakobus, hari ulang tahun ke 66 koperasi perlu dirayakan bersama seluruh komponen masyarakat pencinta koperasi, pemerintah, mitra usaha, UMKM, lembaga keuangan dan BMUN. Menurut Yakobus, kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat perkoperasian di Kabupaten Ende, untuk mewujudkan Kabupaten Ende sebagai Kabupaten Koperasi.

Perayaan hari ulang tahun koperasi ini juga, katanya, merupakan momen penting untuk merefleksikan peran koperasi dalam memberdayakan dan membangkitan perekonomian masyarakat di Kabupaten Ende. Koperasi sebagai dasar pembangunan ekomomi rakyat, tegas Yakobus, mesti mampu mendorong perekonomian nasional secara mandiri, berkeadilan sosial dan berkelanjutan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende, Anna Anny Labina mengatakan, Kabupaten Ende telah menetapkan puncak perayaan HUT ke 66 Koperasi pada tanggal 17 Juli, bertepatan dengan Apel Kesadaran di Lapangan Pancasila Ende.

Saat ini, kata Anny, Koperasi di Kabupaten Ende berjumlah 104. Namun, yang masih aktif sebanyak 84. Dinas Koperasi akan terus mendukung semua koperasi yang masih aktif, dan berupaya menghidupkan kembali koperasi yang telah mati. Suport dan bantuan yang diberikan oleh Dinas berupa Program pendampingan dan bimbingan.

Pada perayaan HUT Koperasi ini, tambah Anny Labina, Dinas akan memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi dengan kategori koperasi simpan pinjam, koperasi produksi, dan koperasi komsumsi. Selain itu, akan diserahkan bantuan (bansos) dan dana APBN program pengembangan usaha produktif di bidang sarana deputi, penyerahan bantuan bansos dana APBN program pengembangan usaha UKM-MART, penyerahan bantuan bagi pengembangan koperasi wanita, bantuan APBD I tahun 2013, penyerahan hadiah kepada koperasi berbadan hukum, koperasi Agro Niaga Sikap Kecamatan Nangapenda, dan penyerahan hadiah koperasi berprestasi kepada Kopdit Syuradikara dan Koperasi Kepolisan Resor Ende (Primkoppol) Ende.

Ketua panita tingkat Kabupaten Ende Oswaldus Bambut mengatakan, panita telah merancang berbagai kegiatan untuk menggugah semangat semua pelaku dan pencinta koperasi di Kabupaten Ende. Semua kegiatan telah dicanangkan sejak tanggal 1 Juli. Rangkain kegiatan tersebut antara lain, jalan sehat bersama, dialog interaktif di RRI bersama Kepala Dinas Koperasi Ende, kegiatan pameran produk UKM, serta sosialisasi Undang-undang Perkoperasian yang baru. Panita juga akan menggelar pasar murah dengan nama Pasar Rakyat pada tanggal 19 Juli nanti.

Rokus Daton, Koordinator Pameran Produk UKM dan Pasar Murah Rakyat, mengatakan untuk memperingati HUT ke 66 Koperasi, panitia akan menggelar pameran produk UKM dan Pasar Rakyat yang berlangsung dari tanggal 19 - 22 Juli di Lapangan Pancasila di Ende dan Koni. Pameran produk UKM tersebut berupa produk makanan lokal dan souvenir, serta hasil karya UKM yang layak dikomsumsi. Sedangkan, untuk Pasar Rakyat, panita telah menyediakan 1.500 paket sembako dengan harga Rp 15.000 perpaket, dari harga sebenarnya Rp 55.000. Acara pameran tersebut akan diawali dengan jalan sehat bersama. (Willy Aran/Editor:Amandus Klau)  


Ket. Foto: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende, Anna Anny Labina

Sumber : Flores Pos
 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template