PENDIDIKAN ADALAH AKAR DARI PERADABAN SEBUAH BANGSA - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » PENDIDIKAN ADALAH AKAR DARI PERADABAN SEBUAH BANGSA

PENDIDIKAN ADALAH AKAR DARI PERADABAN SEBUAH BANGSA

Pada zaman global saat ini, pendidikan merupakan sesuatu yang penting karena pendidikan adalah akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan. Hal  ini ditegaskan Bupati Ende, Don Bosco M.Wangge dalam sambutannya pada acara Pembukaan Kegiatan Pengembangan Minat Baca di Halaman Museum Tenun Ikat (Selasa/18 Juni 2013).

Lebih lanjut Bupati Ende  mengatakan, untuk memperoleh pendidikan banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi dapat kita peroleh. Bupati  Ende menilai perpustakaan memainkan peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan dan perpustakaan memberi kontribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Bahkan di  lembaga-lembaga ilmiah, perpustakaan dianggap sebagai jantung kehidupan mereka, sebab paling tidak akan memperoleh dua keuntungan yaitu tersedianya informasi dan data yang akurat bagi proses pengambilan keputusan serta para staf dapat menyegarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang ditekuni dan diasuhnya.

Pada kesempatan yang sama pula Bupati Ende mengingatkan kepada segenap komponen masyarakat khususnya para pelajar di Ende, bahwa “Berhenti sekolah berarti melestarikan kemiskinan dan berhenti membaca berarti melestarikan kebodohan”. Ini di maksudkan demikian Bupati Ende, sekolah dan membaca merupakan hal yang sangat penting dan vital bagi peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan.

Terkait dengan fungsi perpustakaan Bupati Ende mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Ende dalam hal ini Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah melakukan berbagai upaya pembinaan minat baca seperti membuka kantong-kantong perpustakan desa/kelurahan yang bertujuan agar masyarakat dapat memperoleh informasi bahan bacaan yang tersedia, melakukan monitoring dan evaluasi serta menyediakan akses perpustakaan keliling ke wilayah kecamatan, kelurahan dan desa.


Kepada peserta lomba Bupati Ende menegaskan tujuan  kegiatan  dalam bentuk lomba mewarnai, lomba bercerita, lomba berpidato, dan Lomba Penilaian Perpustakan Desa/Kelurahan Terbaik tahun 2013 adalah untuk mensosialisasikan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB). Selain itu  merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka menumbuhkembangkan minat dan kebiasaan membaca guna mewujudkan budaya baca yang berimplikasi pada peningkatan ilmu pengetahuan, pola pikir, keterampilan, keahlian dan kesejahteraan hidup masyarakat. (Nani/Humas)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template