Don Wangge serahkan 650 hektar tanah - Ende Lio Sare Pawe
Ende Berita :
Home » » Don Wangge serahkan 650 hektar tanah

Don Wangge serahkan 650 hektar tanah

Untuk lokasi Transmigrasi Lokal 
DRS. Don Bosco M.Wangge, M.Si dengan tidak memungut biaya menyerahkan tanah seluas 650 hektar di Wolobela, Desa Kotabaru, Kecamatan Kotabaru, utara Kabupaten Ende kepada Pemerintah Kabupaten Ende.

Tanah seluas 650 hektar tersebut diperuntukan bagi pembangunan perumahan untuk warga translok dan lahan garapan bagi mereka yang mendiami lokasi tersebut. 

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans ) Kabupaten Ende, Kornelis Wara ketika dikonfirmasi EXPO NTT di ruang kerjanya pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2013. 

Pada saat itu, Kornelis Wara didampingi Sekretaris istansi tersebut, Kanisius Poto. “Berita acara penyerahan tanah tersebut sedang diproses,”tutur Kornelis Wara. 

Ketika ditanya, mengapa harus di utara Ende, apakah tidak ada tempat di tempat lain di Kabupaten Ende ini, menurut Kornelis Wara, istansinya sudah melakukan sorvei di beberapa lokasi, namun ada banya kendala yang ditemukan dilapangan. Sementara di Dusun Wolobela dan sekitarnya itu sangat tepat karena dari sisi topografinya sangat memungkinkan. 

Tidak hanya itu saja, bebas dari kawasan hutan dan proses penyerahan tanah tidak berbelit-belit dalam arti pemilik tanah menyerahkan tanah secara sukarela. 

Jika demikian targetnya berapa rumah yang akan dibangun di lokasi tersebut, sesuai dengan rencana ditargetkan sebanyak 200 kepala keluarga (KK) dan paling kurang 100 KK. Dan dari arel seluas 650 hektar tersebut, sekitar 5-6 hektar untuk perumahan. 

Sementara yang lainnya diperuntukan bagi lahan garapan berupa tambak garam, Lahan kering dan yang lainnya bagi mereka-mereka yang akan menempati lokasi tersebut. 

“Ini masih dalam rencana. Konsultan akan datang dan hasilnya nanti akan diprosentasekan di Kementrian Nekertrans,”ujar Kornelis Wara sembari menambahkan bahwa tidak saja masyarakat dusun Wolobela yang akan menempati lokasi translok tersebut jika disetujui. Tetapi masyarakat dari luar Desa Kotabaru juga dapat menempati lokasi tersebut. Dan kita berharap, mudah-mudahan rencana translok di Wolobela itu, menjadi kenyataan.♦ rik 

Berita :EXPO NTT Online
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ende Lio Sare Pawe - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template